Member of Jakarta Future Exchange | Member of Indonesia Derivatives Clearing House
Bahasa Indonesia   English (UK)

Equityworld Futures - Glosarium - C

C - PT. Equityworld Futures merupakan salah satu anggota Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange) yang resmi berdiri pada tahun 2005. Perusahaan telah berkembang pesat seiring meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi di produk-produk finansial.

Glosarium

Ada 39 kata dalam glosari ini.
Cari kata glosarium
Dimulai dari Mengandung Nilai pastiMirip dengan

Glosarium

All A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Term Definition
Cable

Istilah lain yang dialamatkan para trader valas global untuk sebuah nilai tukar STERLING/DOLLAR. Disebut demikian dikarenakan awalnya nilai tukar tersebut memang ditransmisikan lewat sebuah kabel pengirim (transatlantic cable) yang dimulai pada pertengahan 1800.

CAC 40

Indeks pasar saham Perancis yang melacak 40 saham Perancis terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar dari bursa Paris.

Calendar Spread

Sebuah opsi atau futures spread yang dilakukan dengan memasukkan posisi beli dan jual secara simulan pada underlying asset yang sama tetapi dengan bulan pengiriman yang berbeda. Kadang-kadang disebut sebagai interdelivery, intramarket, time atau horisontal spread.

Call Option

Sebuah perjanjian yang memberikan investor hak (bukan kewajiban) untuk membeli saham, obligasi, komoditas, atau instrumen lainnya pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Candlestick Chart

Sebuah jenis grafik yang mengindikasikan kisaran transaksi pada suatu mata uang/saham. Berisi informasi mengenai harga Pembukaan, Tertinggi, Terndah,dan Penutupan. Jika harga penutupan berada diatas harga pembukaan, maka jenis Candle kosong, sebaliknya jika harga penutupan berada dibawah harga pembukaan (harga turun) maka candle akan berisi. Pola analisis ini diperkenalkan pertama kali oleh para pedagang komuditas di Jepang pada awal abad 18-an.

Capacity Utilization

Merupakan pelengkap dari data Industrial Production. Capacity Utilization menghitung tingkat penggunaan modal negara yang dipakai dalam proses produksi tersebut.

Capital Gain

Keuntungan yang diperoleh karena perbedaan antara harga beli dan harga jual suatu efek atau komoditas.‭ ‬Apabila perbedaan tersebut bersifat negative‭ (‬rugi‭) ‬disebut‭ ‬capital loss.

Capital Market

Perdagangan surat-surat berharga, termasuk saham dan obligasi.

Central Bank

Bank milik pemerintah yang bertugas menangani kebijakan moneter negara yang bersangkutan. Sebagai contoh, di Amerika disebut Federal Reserve, di Indonesia Bank Indonesia.

Chartist

Seseorang yang menggunakan chart dan grafik, serta membuat interpretasi trend data/sejarah pergerakan harga untuk menentukan trend dan membuat prediksi dimasa yang akan datang. Sering disebut juga sebagai Pialang Teknkikal

Chicago Board of Trade (CBOT)

Didirikan pada tahun 1848 dengan 82 anggota asli yang awalnya memiliki bisnis perdagangan tunai dan kontrak forward aktif. Meskipun rekam catatannya telah musnah dalam kebakaran tahun 1871, namun disepakati bahwa kontrak berjangka telah ditransaksikan di sana sejak tahun 1860-an. Kini, CBOT menjadi bursa terbesar di dunia. Terkenal dengan pasar berjangka dari kedelai, emas dan obligasi Treasury Amerika Serikat, serta perdagangan opsi (option) atas kontrak berjangka T-Bond.

Chicago Mercantile Exchange (CME)

Bursa berjangka terbesar kedua di Amerika Serikat. Awalnya dibentuk pada tahun 1874 dengan nama Chicago Produce Exchange, "Chicago Merc" adalah terutama pasar produk pertanian yang mudah rusak (mentega, telur, unggas, dll). Nama berubah pada tahun 1919, dan sejak saat itu CME telah menjadi inovator dalam industri tersebut. CME memperdagangka kontrak berjangka keuangan, opsi, dan kontrak indeks saham berjangka. CME adalah yang bursa terbesar untuk kontrak berjangka komoditas hidup, mata uang asing, dan Eurodollar

Chicago PMI (Purchasing Managers' Index)

Merupakan data survey PMI dari kawasan Chicago dan sekitarnya. Lingkup survey meliputi baik sektor indusri, maupun sektor non-industri (yang jarang disadari oleh para pelaku pasar). PMI sendiri merupakan indeks gabungan dari lima indikator utama, yang meliputi unsur: Pesanan, Tingkat Persediaan, Produksi, Pengiriman, dan Tenaga Kerja. Angka indeks di atas 50 berarti sektor bisnis mengalami ekspansi, di bawah 50 berarti mengalami kontraksi.

China Securities Regulatory Commission - CSRC

Badan pengawas sekuritas utama di China yang diciptakan pada tahun 1992 dan mengatur seluruh kegiatan di bursa efek dan pasar berjangka Republik Rakyat China.

Choice Market

Satu kondisi dimana harga pasar tak ada selisih. Semua pembeli dan penjual menunjuk di harga sama.